oleh

BI Akan Turunkan Bunga Kartu Kredit

-BUSINESS-0 views

Panjirakyat.net Surabaya – Bank Indonesia (BI) akan mengambil langkah untuk mendukung transmisi kebijakan suku bunga acuan terhadap bunga kredit perbankan dengan akan menurunkan bunga kartu kredit. Hal ini dilakukan untuk memacu pertumbuhan kredit yang masih kontraksi 2,28 persen secara year on year (YoY) per April- 2021.

Gubernur BI, Perry Warjiyo, menuturkan di antara kebijakan yang akan diambil BI adalah dari sisi kartu kredit kembali akan menurunkan batas maksimum suku bunga Kartu Kredit dari 2 persen menjadi 1,75 persen per bulan, dan akan berlaku mulai 1 Juli 2021 mendatang.

“Bahwa kebijakan ini diambil dalam rangka mendukung transmisi kebijakan suku bunga dan efisiensi transaksi nontunai. Kebijakan ini merupakan hasil Rapat Dewan Gubernur,” ujar Gubernur BI, Perry Warjiyo, dalam dalam rilisnya, Jumat (28/05/2021).

RUPS: Phapros bagi dividen Rp19,4 miliar

Asuransi Tri Pakarta Berikan Klaim Asuransi Mencapai 1 Miliar Rupiah

Sebelumnya, bank sentral nasional sempat memangkas batas maksimum suku bunga kartu kredit pada tahun lalu. Kala itu, batas maksimum suku bunga dipangkas dari 2,25 persen menjadi 2 persen per bulan.

Selain itu, BI turut menurunkan nilai pembayaran minimum dari 10 persen menjadi 5 persen. Begitu juga dengan besaran denda keterlambatan pembayaran yang diubah dari 3 persen atau maksimal Rp150 ribu menjadi 1 persen atau maksimal Rp100 ribu.

Namun, kedua kebijakan terakhir tidak diubah pada tahun ini. Perry sempat mengatakan bahwa kebijakan seperti ini sengaja dikeluarkan untuk mendorong perekonomian di tengah pandemi covid-19.(pr/Dea)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed