oleh

Survey Pemantauan Harga, Minggu II- Juni 2021, Inflasi Berada Level Rendah dan Terkendali

panjirakyat.net – Berdasarkan Survei Pemantauan Harga pada minggu ll Juni 2021 yang dilakukan Bank Indonesia (BI), perkembangan harga pada minggu ll Juni 2021 masih relatif terkendali dan diperkirakan deflasi 0,09% (mtm).

Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono, mengatakan, dengan perkembangan tersebut perkiraan inflasi Juni 2021 secara tahun kalender sebesar 0,81 % (ytd), dan secara tahunan sebesar 1 ,40% (yoy).


Penyumbang utama deflasi Juni 2021 sampai dengan minggu kedua, yaitu komoditas daging ayam ras dan cabai merah masing-masing sebesar -0,09% (mtm), tarif angkutan antarkota -0,06% (mtm), cabai rawit -0,04% (mtm), bawang merah -0,02% (mtm), kelapa, tomat dan daging sapi masing-masing sebesar -0,01 % (mtm).

Microsoft luncurkan banyak game baru di Xbox Game Pass

Kulit cermin, perawatan kulit terbaru ala Korea

“Sementara itu beberapa komoditas mengalami inflasi, antara lain telur ayam ras sebesar 0,04% (mtm) emas perhiasan sebesar 0,03% (mtm) minyak goreng, sawi hijau, kacang panjang, nasi dengan lauk dan rokok kretek filter masing-masing sebesar 0,01%,” .”ujarnya dalam siaran pers BI yang diterima JNR Kominfo Jatim, Senin (14/06/21).


Bank Indonesia akan terus memperkuat koordinasi dengan Pemerintah dan otoritas terkait untuk memonitor secara cermat dinamika penyebaran Covid-19 dan dampaknya terhadap perekonomian Indonesia dari waktu ke waktu.

“Langkah-langkah koordinasi kebijakan lanjutan yang perlu ditempuh untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan, serta menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap baik dan berdaya tahan,” paparnya.(pr/dea)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed