oleh

6 Bahaya yang Mengintai Jika Salah Memilih Ukuran Bra, Hati-hati Bisa Bikin Kendur Hingga Kanker Payudara

-HEALTHY-5 views

panjirakyat.net Healthy – Selain bahan yang digunakan, ukuran bra yang tepat juga menjadi faktor penting ketika memilih bra agar nyaman digunakan. Sayangnya, 80% wanita masih salah memilih ukuran bra yang tepat, 70% memakai bra yang terlalu kecil dan 10% memakai bra yang terlalu besar. Demikian seperti yang dilansir dari laman National Center for Biotechnology Information.


Ini Dia Cara Tingkatkan IQ Secara Mudah dan Efektif

Berikut 6 bahaya yang bisa terjadi jika menggunakan bra dengan ukuran yang tidak tepat, seperti dirangkum dari beberapa sumber. Check this out!

1. Sakit di Area Payudara

Sakit di Area Payudara/Foto : pexels.com/Andrea Piacquadio
Sakit di Area Payudara

Sakit di Area Payudara/Foto : pexels.com/Andrea Piacquadio

Kalau menggunakan bra yang ukurannya terlalu besar, jarang menimbulkan rasa sakit. Tapi, kalau kamu menggunakan bra yang ukurannya terlalu kecil bisa membuat payudara kamu sakit dan membuat sesak napas, karena sirkulasi darah menjadi terbatas dan banyaknya tekanan di area payudara.


Selain itu, rasa sakit dan nyeri juga akan muncul di area puting karena gesekan dari bra yang terlalu menekan. Dalam jangka panjang, bisa menimbulkan iritasi atau lecet di area puting yang membuat kita tidak nyaman, terutama kalau kamu sedang menyusui.

2. Nyeri di Area Leher dan Bahu

Nyeri di Area Leher dan Bahu/Foto : pexels.com/Marta Wave
Nyeri di Area Leher dan Bahu

Nyeri di Area Leher dan Bahu/Foto : pexels.com/Marta Wave

Gesekan atau tarikan dari bra yang terlalu kecil atau terlalu pas dengan ukuran payudara, bisa memicu nyeri di area leher, bahu, bahkan punggung. Dikutip dari laman detikHealth, beberapa perempuan dikabarkan mengeluhkan rasa nyeri di area leher dan bahu karena menggunakan bra yang terlalu ketat, juga mengakibatkan masalah pada tulang belakang.


“Ukuran bra yang terlalu kecil atau pas akan memberikan tekanan berlebih pada otot trapezius yang menyebabkan rasa nyeri pada tulang belakang,” ujar Dr Raashi Khatri Panjabi pendiri dari The Centre for Orofacial Pain India.

Otot trapezius sendiri adalah otot segitiga yang memanjang dari dasar tengkorak, bagian belakang leher, bahu, yang terhubung dengan syaraf pinggang. Rasa sakit pada kepala juga bisa terjadi karena menggunakan ukuran bra yang tidak tepat.

3. Postur Tubuh yang Buruk

Postur Tubuh yang Buruk/Foto : pexels.com/Andrea Piacquadio
Postur Tubuh yang Buruk

Postur Tubuh yang Buruk/Foto : pexels.com/Andrea Piacquadio

Karena rasa nyeri di area leher, bahu, dan punggung bisa menyebabkan postur tubuh menjadi buruk, ini karena rasa nyeri tersebut membuat kita menjadi bungkuk ke depan untuk mengurangi rasa sakitnya. Demikian seperti dikutip dari laman Namnoum.


Postur badan yang buruk, seperti terlalu membungkuk ke depan bisa membatasi kita dalam bergerak dan rasa sakit yang muncul terus-menerus di area leher, bahu, punggung membuat kita menjadi tidak nyaman ketika beraktivitas.

4. Payudara Menjadi Kendur

Payudara menjadi Kendur/Foto : pexels.com/Anete Lusina
Payudara menjadi Kendur

Payudara menjadi Kendur/Foto : pexels.com/Anete Lusina

Pada umumnya, fungsi bra menyanggah payudara kita agar bisa beraktivitas dengan nyaman. Jika menggunakan ukuran bra yang terlalu besar akan membuat payudara menjadi kendur, karena terlalu banyak ruang untuk payudara dan tidak ada busa bra yang menopang payudara dengan baik.


Dikutip dari laman She the People, payudara yang kendur bisa disebabkan oleh umur dan hormon. Jika terjadi terlalu dini bisa dimungkinkan karena menggunakan bra dengan ukuran yang tidak tepat.

5. Memicu Kanker Payudara

Memicu Kanker Payudara/Foto : pexels.com/Karolina Grabowska
Memicu Kanker Payudara

Memicu Kanker Payudara/Foto : pexels.com/Karolina Grabowska

Walaupun jarang terjadi akibat penggunaan bra yang tidak tepat, namun ini adalah risiko terbesar yang bisa terjadi. Dikutip dari laman detikHealth, bra yang terlalu sempit bisa membatasi aliran darah getah bening pada payudara yang pada akhirnya bisa menjadi racun dan memicu kanker payudara.


Meski kanker payudara jarang terjadi karena ukuran bra yang tidak tepat, tidak ada salahnya untuk selalu waspada, tidak mengambil risiko, dan gunakan ukuran bra yang tepat dengan ukuran payudara kita ya, Beauties.

6. Iritasi pada Kulit

Iritasi pada Kulit/Foto : pexels.com/Sora Shimazaki
Iritasi pada Kulit

Iritasi pada Kulit/Foto : pexels.com/Sora Shimazaki

Iritasi pada kulit akibat bra yang terlalu kecil bisa menyebabkan kemerahan atau lecet pada kulit akibat gesekan terus menerus pada kulit di area punggung, bahu, juga area payudara itu sendiri.


Strech mark juga bisa terjadi dalam jangka panjang karena tali bra yang terlalu kencang terus menerus memberi tekanan pada kulit. Nah Beauties, mulai sekarang perhatikan ukuran bra yang digunakan agar tidak menimbulkan masalah pada payudara dan kesehatan.(PR/DEA)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed