oleh

Enggak Cuma Makanan yang Bikin Perut Buncit. Kenali Penyebab Lainnya

-HEALTHY-1 views

panjirakyat.net Kesehatan – Sebab buncit sebagian besar karena kelebihan kalori dan kelebihan makanan, alias kalori yang kelebihan ditampung oleh tubuh jadi lemak. Terutama untuk wanita akan lebih dominan di area abdominal atau perut.

Tapi, penyebab perut buncit enggak cuma karena makanan aja. Ada banyak banget faktor yang bisa menyebabkan perut buncit. Ini dia penyebab perut buncit yang kalian harus tahu:


Dehidrasi

Logikanya, kalau kurang minum, tubuh pasti akan terlihat lebih kering atau langsing. Padahal faktanya, tubuh ini pintar, jadi semakin dehidrasi, tubuh malah menimbun lebih banyak air. Jadi penuhi kebutuhan minum harian dan kamu akan melihat perubahan di perut kamu.


Stres

Ternyata stres berpengaruh besar terhadap diameter perut lho. Stres di sini bukan cuma stres mental aja (galau, sedih, marah, overthinking, dll). Stres juga meliputi stres fisik (kedinginan, kelaparan, kekurangan gizi, kelebihan gizi, kurang tidur, dehidrasi, dll).

6 Bahaya yang Mengintai Jika Salah Memilih Ukuran Bra, Hati-hati Bisa Bikin Kendur Hingga Kanker Payudara

Saat Berolahraga Intens, Cukupkah Hanya Air Putih untuk Cegah Dehidrasi?

Jadi hormon stres (Hormon Kortisol) ini sangat mengganggu metabolisme, stres berlebihan dapat membuat tubuh inflamasi. Inflamasi ini bisa terjadi di seluruh sel tubuh. Jadi semakin merasa stres, semakin tubuh mengalami inflamasi!! Maka akan menimbun banyak cairan, sehingga terjadilah buncit.


Solusi mengatasi stres untuk menghindari perut buncit adalah

– Hindari diet ekstrem

– Hindari pikiran negatif

– Olahraga yang rutin

– Hindari minuman yang tinggi kafein

– Perhatikan pemilihan kontrasepsi

– Hati-hati dan hindari mengkonsumsi suplemen yang terlalu tinggi mineral


Food Intolerance 

Jadi beberapa orang memiliki food intolerance yang berbeda-beda. Ada gluten intolerant, lactose intolerant, ada juga yang FODMAP intolerant dan berbagai intolerant makanan lainnya.

Kenapa intoleran terhadap makanan bisa bikin buncit? Jadi, ketika seseorang memiliki intoleran terhadap suatu makanan, maka tubuh tidak bisa mencerna makanan dengan baik. Akhirnya di dalam saluran pencernaan terjadi penimbunan gas atau penimbunan air, sehingga menyebabkan buncit mendadak.

Intinya kalo perut buncit mendadak di pagi hari atau malam hari, penyebab utamanya enggak selalu lemak ya guys!! Jadi enggak perlu khawatir lagi kalau sudah tahu penyebab lainnya. Poin-poin di atas itu masih sebagian kecil dari ilmu yang Yulia Baltschun share di bukunya yang berjudul I HATE DIET. Yuk, dapetin buku ini.



Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed